Buscar

Tips Berkendara Motor di Musim Hujan (Khusus Akhwat)



Shalihat, akhir-akhir ini hujan sering sekali turun dengan derasnya di kotaku tercinta Jogjakarta ini. Beberapa hari yang lalu, saya bersama adek berkunjung ke rumah nenek. Sebenarnya cuaca sangat cerah, akan tetapi 1 km menjelang rumah nenek ternyata tiba-tiba hujan deras mengguyur kami berdua. Alhasil badan kami basah kuyup. 
 
Di sini, saya ingin menyampaikan pengalaman saya dan berbagai perlengkapan yang seharusnya dibawa ketika berkendara motor untuk menghadapi musim hujan.
Yang harus dibawa:

1Mantel
Tentu saja peran mantel sangat penting untuk mencegah air hujan membasahi baju dan badan kita. Pilih mantel yang lebar terbuat dari bahan yang tidak kaku tetapi lemas agar tidak mudah robek ketika digunakan dan diterpa angin. Untuk akhwat sholihat, ada loh mantel yang terdiri dari atasan dan juga bawahan rok yang tentunya memudahkan shalihat semua yang selalu menggunakan rok.

2Sepatu anti air
Ini penting sekali shalihat, karena sepatu yang terbuat dari kain atau kulit hanya akan menampung banyak air dan membuatnya seperti akuarium di kaki. Banyak sekali kan sholihat, sepatu sepatu dari bahan plastik yang dijual di toko-toko. Selain model dan warnanya menarik, juga nyaman di kantong mahasiswa. Dengan 20 ribu saja sudah bisa dapat sepatu.

3Kaos kaki kering
Ketika hujan turun lebat  pasti ada dua daerah yang tidak bisa diselamatkan dari guyuran air hujan yaitu telapak tangan dan juga kaki. Tidak mungkin kan sholihat hanya karna hujan kemudian tidak memakai kaos kaki di daerah umum. Maka siapkan dari rumah kaos kaki kering yang bersih, kalao perlu bawa dua pasang untuk berjaga-jaga bila hujan kembali mengguyur.

4Slayer cadangan
Terdengar sepele, tetapi ini penting sekali. Ketika hujan deras, walaupun helm kita sudah memiliki kaca penutup wajah. Akan tetapi, air hujan tetap saja bisa membasahi separuh bahkan seluruh wajah kita. Maka dari itu kita perlu menggunakan slayer (penutup muka).  Slayer cadangan berfungsi untuk mengganti slayer kita yang sudah basah dan kotor. Slayer yang basah dan kotor selain tak nyaman dipakai juga akan menimbulkan alergi bagi yang memiliki kulit sensitif seperti saya.

5Tisu basah/tisu kering
Ketika naik motor, otomais tangan kita menjadi basah dan dijamin kotor. Selain mencuci tangan tisu penting sekali untuk mengelap tangan ataupun kaki kita yang basah. Terutama bila kita akan berganti kaos kaki. Sungguh tak nyaman bila menggunakan kaos kaki ketika kaki kita basah.

6Tas kresek
Ringan, murah tetapi sangat penting. Banyak sekali gunanya. Barang2 yang sekiranya berharga seperti buku-buku kuliah dan kertas-kerta file akan aman bila ditarus di dalam kresek. Begitu pula barang-barang yang sudah basah terkena hujan, akan lebih nyaman bila disimpan di dalam tas kresek.

7Cek bensin di tangki motor
Selalu cek isi bensin di tangki motor kita sebelum berkendara di musim hujan. Akan sungguh merepotkan bila motor kita kehabisan bensin di tengah hujan deras. Belum lagi repotnya mencopot mantel, mengambil dompet yang ada dalam tas dll. Jadi persiapkan uang dari rumah dan membeli bensin di pom terdekat.

  Selain barang-barang wajib yang harus dibawa ketika hujan, ada juga barang barang yang perlu kita hindari. Simak ya: 

1Rok/baju putih
Hindari menggunakan rok/baju putih saat musim hujan. Ketika musim hujan,  motor kita pasti akan melewati banyak genangan air. Tidak dapat dihindari bila kemudian air kotor tersebut menciprati baju ataupun rok putih kita. Tak mau kan malu seharian karena memakai baju kotor di tempat umum.

2Membawa tas kepit ataupun tas slempang
Tas model kepit di bawah lengan, sungguh tak kan nyaman ketika menggunakan mantel. Di satu sisi kita harus menjaga kesimbangan mantel, di satu sisi kita juga harus menjaga keseimbangan tas kepit agar tak melorot. Tas slempang juga akan merepotkan, apalagi bila menggunakan tas slempang di samping badan. Hal itu tentu saja akan memuat air genangan membasahi bagian bawah tas shalihat semua. Lebih nyaman bila menggunakan tas gendong/ransel.

3Sepatu kulit
Sepatu kulit akan mudah sekali rusak bila terkena air. Maka dari itu hindari penggunaan sepatu kulit di musim hujan. Bila memang akan menggunakan, lebih baik disimpan dulu dalam kresek agar tidak basah.

Mungkin begitu saja tips berkendara motor dari saya, Insyaallah membuat aman dan nyaman untuk akhwat shalihat semuanya. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar